karena berbagi tak pernah rugi

Sabtu, 08 Maret 2014

tugas mulia seorang guru

Guru dan murid memiliki zaman yang berbeda
Memahami posisi diri
        Zaman guru berbeda dengan zaman muridnya. Di zaman sekarang bukan mustahil murid punya kelebihan di sisi teknologi informasi dibanding para gurunya. Namun guru punya kekuatan, pemahaman, dan kematangan dibanding murid dalam melihat sesuatu.”perkawinan” dua kelebihan tersebut dapat menjadi keindahan.
Filosofi petani tak takut hama”
        Semua petani pasti tahu akan adanya hama yang bisa menyerang tanaman mereka, tapi mereka tidak pernah takut pada hama. Mereka menanam dengan sungguh-sungguh merawat sepenuh hati, memberi pupuk, dan menyemprot dengan berbagai obat agar tanamannya tidak terkena hama. Mereka bahkan dengan sabar menjaga tanamannya agar tidak diserang kawanan burung yang sering datang tiba-tiba.
        Dan kita tahu petani akan selalu menuai hasil panen. Bila ada yang terkena hama itu juga sebuah insiden, suatu hal yang itdak bisa dihindari. Dalam hal ini ada dua kemungkinan penyebabnya. Mungkin memang bibitnya bukan bibit unggul atau mungkin juga karena lengah dalam penjagaan dan perawatan.
         Oleh sebab itu sebagai guru, jangan takut dengan hama (kenakalan remaja, pergaulan bebas, dan lain sebagainya). Teruslah menanam kebaikan, rawatlah anak-anak kita dengan sepenuh hati, dalam pola pendidikan yang humanis dan berempati.berilah anak ‘pupuk’ terus-menerus dengan menyirami batinnya dengan nilai-nilai kebenaran.berilah mereka contoh perilaku yang baik dan semangat untuk melihat bahwa mereka punya potensi luar biasa jika ingin maju.
          Jaga anak didik kita dengan hati dan do’a agar mereka terhindar dari serangan hama. Maka sudah pasti anak didik kita akan punya daya tahan yang sangat kuat dari kemungkinan ‘serangan’ hama. Bahwa anak didik kita yang naudzubillah terkena ‘hama’ , mungkin mereka bukan bibit unggul atau menolak saat kita sirami dengan obat anti hama (nasehat).

Skema

Filosofi petani
1.     Menyiapkan lahan
2.     Menyiapkan bibit
3.     Menyemai bibit
4.     Membersihkan rumput disekitar tanaman
5.     Memberikan pupuk
6.     Mengairi
7.     Menjaga dari hama
8.     Memanen



Filosofi guru
1.     Menyiapkan sekolah
2.     Menyiapkan murid
3.     Menabur kata-kata indah
4.     Mendidik secara khusus anak-anak yang nakal
5.     Menetesi batin anak dengan nasehat
6.     Memberikan pelajaran sekolah
7.     Mengawasi dari kenakalan
8.     Lulus sekolah


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

my life is my advanture

my life is my advanture

" Quote of the Day"

Sembahlah Dia, seolah-olah engkau melihat-Nya.
Meskipun engkau tak melihat-Nya, sungguh Dia melihatmu

Pages - Menu

Blogger templates