karena berbagi tak pernah rugi

Sabtu, 08 Maret 2014

penyamaan frekuensi dalam pembelajaran

pembelajaran asik

dengan memperhatikan gelombang otak anak

Ada empat macam gelombang otak, yaitu;
1.   Beta, gelombang ini mempunyai ketinggian yang rendah tetapi memiliki frekuensi yang paling tinggi. Ketika ada rangsangan tinggi dan kita berada dalam keadaan siap siaga maka otak akan menghasilkan gelombang beta, seperti saat kita berdebat, saat kita dalam keadaan takut dan lain sebagainya.
2.   Alpha, gelombang yang menandakan otak kita dalam keadaan santai. Gelombang alpha membuat orang relaks, pikiran jernih dan kreatif. Para ahli menganggap bahwa gelombang inilah yang paling baik dan sehat.
3.   Theta, gelombang ini mempunyai tinggi gelombang yang besar, tapi frekuensinya rendah. Seseorang yang menghayal atau melamun sedang berada dalam keadaan gelombang theta.
4.   Delta, gelombang ini mempunyai gelombang yang paling besar, tetapi freuensinya paling rendah. Tidur, bahkan tidur lelap tanpa mimpi akan membawa gelombang ini sampai frekuensi paling rendah.

Dimanakah relevansinya dengan proses belajar-mengajar?
                Proses pembelajaran selama ini masih monoton. Suasana yang diciptakan oleh guru terasa kurang nyaman, bahkan cenderung ada yang “menakutkan”. Akibatnya gelombang otak akan mengalami tiga kemungkinan, yaitu;
            Anak ketakutan, tegang ,stres, tanpa sadar mereka sedang menggunakan otak dengan gelombang beta. Sedangkan tipikal anak yang cuek, acuh tak acuh karena mata pelajaran atau metode yang digunakan tidak variatif, otak mereka berada dalam gelombang theta yakni melamun dan menghayal di luar pelajaran atau bahkan sampai ada yang memasuki gelombang delta (mengantuk, atau bahkan ada yang tidur dalam proses pembelajaran).

         Oleh sebab itu guru haruslah menerapkan metode “penyamaan frekuensi” selama proses pembelajaran. Penyamaan frekuensi ini artinya seorang guru harus mampu berinisiatif dan lebih berpariatif dalam proses pembelajaran, sehingga tidak monoton. Dengan begitu diharapakan ana lebih santai dan relaks dalam belajar. Sehingga otak merekapun akan lebih mudah mencerna materi yang ada.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

my life is my advanture

my life is my advanture

" Quote of the Day"

Sembahlah Dia, seolah-olah engkau melihat-Nya.
Meskipun engkau tak melihat-Nya, sungguh Dia melihatmu

Pages - Menu

Blogger templates