karena berbagi tak pernah rugi

Rabu, 30 April 2014

Teori Perkembangan Kognitif menurut Piaget, Brunner, dan Vygotsky

Becoming A Teacher: How students develop and learn   

Bagaimana Siswa Berkembang dan Belajar
Dra. Yati Siti Mulyati, M.Pd
A.  Pengantar
             Pendidik, terutama ahli psikologi pendidikan mengingatkan kita bahwa setiap  siswa  sebagai  manusia  memiliki  kebutuhan  dasar,  meskipun kebutuhan  masing-masing  siswa  berbeda  dengan  kebutuhan  siswa  lainnya. Kebutuhan-kebutuhan  tersebut  bervariasi  tapi  pada  umumnya  mencakup kebutuhan fisik, sosial, emosional, dan intelektual. 
                 
Istilah  “human  developmen”  selalu  digunakan  untuk  merujuk  pada perubahan  yang  terjadi  pada  diri  manusia  antara  kehidupan  dan  kematian. Penekanan  ini  didasarkan  pada  perubahan  yang  tampak  pada  kejadian secara  berurutan  dalam  perkembangan  fisik,  personal,  social,  ilmu pengetahuan, dan moral.
                  Perubahan-perubahan  yang  terjadi  pada  individu-individu  diakui menjadi sesuatu yang lebih baik dalam beradaptasi dan fleksibel dan karena perubahan ini menggunakan istilah development. Guru  mempunyai  kesempatan  pertamakali  bagaimana  individu  siswa berkembang  dan  hakekat perkembangan  yng  terjadi  pada  mereka.
                 Pengamatan  pada  kebiasaan  kerja  siswa,  kemampuan  sederhana  dan perilaku  kelompok  kecil  dapat  menjadi  sesuatu  yang  berarti  bagi  guru  dan sangat penting bahwa checklist dapat digunakan untuk memonitor  perilaku peniruan siswa secara sistematis.

B.  Teori Pengembangan Kognitif
                Jean  Piaget  dan  ahli  psikologi  lain,  seperti  Bruner  dan  Vygotsky mengembangkan  teori  kognitif   yang  menggambarkan  bagaimana  individu berkembang pada tahapan-tahapan perkembangan kognitif.

Jean Piaget 
                Jean Piaget merupakan tokoh teori kognitif yang pertama. Sebagai ahli psikologi,  ia  telah  membuat  soal  standar  tes  kecerdasan  siswa.  Jawaban benar  atau  salah  yang  diberikan  siswa  telah  menjadi  sesuatu  yang  menarik mengapa  anak-anak  pada  usia  yang  sama  melakukan  kesalahan  yang  sama.
               Hal  ini  membuat  dia  menyiapkan  tahapan  perkembangan  yang  dapat menjelaskan pertumbuhan intelektual.
               Piaget  percaya  bahwa  ada  factor  biologis  yang  tak  dapat  dihindarkan dalam  perkembangan  anak.  Dia  melakukan  penelitian  pada  individu  anak (terutama  pada  anaknya  sendiri)  dan  dengan  metode  ini  ia  menetapkan prinsip teorinya itu.
              Ia  menggunakan  istilah  schema  untuk  menunjukkan  bagaimana  anak secara  aktif  membentuk  dunianya.  Schema  adalah  sebuah  konsep  atau framework yang ada dalam pemahaman individu untuk mengorganisasi dan menafsirkan informasi.
             Piaget  menganggap  bahwa  ada  dua  proses  tanggung  jawab  agar  anak dapat  menggunakan dan mengadaptasikan schema:  asimilasi dan akomodasi. Asimilasi terjadi ketika seorang anak  mengolah pengetahuan baru ke dalam pengetahuan  yang  sudah  ada.  Akomodasi  terjadi  ketika  seorang  siswa
menyesuaikan informasi baru. Hal ini berarti, asimilasi meliputi  penyesuaian lingkungan  ke  dalam  schema,  sedangkan  akomodasi  adalah  penyesuaian sebuah schema ke dalam lingkungan.
             Piaget  juga  menggunakan  istilah  cognitive  equilibrium  untuk menjelaskan  mengapa  anak  menggunakan  proses  asimilasi  dan  akomodasi.
    Cognitive equilibrium adalah suatu  pernyataan  keseimbangan mental. Ketika seorang  anak  memiliki  pengetahuan  baru  tidak  secara  utuh  dimasukkan  ke dalam  pengetahuan  yang  sudah  ada  hal  ini  disebut  dengan  cognitivedisequilibrium.  Awalnya  hasil  ini  menimbulkan  masalah  tetapi  kemudian
menuntun pada pertumbuhan kognitif.
             Teori  Piaget  memiliki  pengaruh  yang  sangat  kuat  pada  pendidik  dan persekolahan yang dapat dijelaskan bahwa, cara  berpikir  abak  berbeda-beda  sesuai  dengan  tahap  perkembangan mereka.
Pembelajaran menuntut keterlibatan aktif;  fisik dan mental, anak dengan lingkungan. Anak-anak membangun  struktur  pengetahuannya  sendiri.  Mereka  tidak secara  pasif  menerima  pengetahuan  tetapi mengorganisasikan  dan mentransformasikan pada struktur pengetahuannya.Cara berpikir anak berbeda dengan orang dewasa dan tingkat berpikirnya pun berbeda-beda pada stiap tahapannya.

Piaget  mengemukakan  penahapan  dalam  perkembangan  intelektual anak yang dibagi ke dalam empat periode, yaitu :
     1.  Periode sensori-motor (0 – 2,0 tahun)
          Pada tahapan ini anak belajar:
                   Objek tetap ada dan masih ada ketika ia tidak lagi melihatnya. Mereka menggunakan bayangan           untuk menghadirkan objek itu.Memulai kegiatan yang terarah. Mereka menggunkan metode trial and
          error fisik dan mental untuk mengubah objek.
    2.  Periode pra-operasional (2,0 – 7,0 tahun)
         Pada tahapan ini anak:
                  Mengklasifikasikan benda berdasarkan pada karakteristik tunggal. Bentuk dan penggunaan                  simbol seperti kata, gerak tubuh, dan tanda tanda.Kegiatan peniruan dan pura-pura seperti menyisir              rambut. Merumuskan konsep lama.
         Egosentrik: sulit memahami pandangan orang lain.
         Mengalami  kesulitan  dalam  mengingat  lebih  banyak  aspek  situasi dalam waktu yang sama.
          Memahami kesulitan memahami percakapan.
    3.  Periode operasional konkret (7,0 – 11,0 tahun)
         Anak dalam tahapan ini:
         1. Dapat menggunakan sistemklasifikasi.
         2. Dapat mengenal stabilitas fisik,
         3. Dapat  mengenal  elemen  yang  dapat  dirubah  tanpa  kehilangan karakter dasarnya.
         4. Dapat memeringkat objek-objek yang berbeda urutannya,
         5. Mengembangkan  lebih  banyak  pendekatan  sosiometri  dan  lebih sedikit egosentrik saat                            berkomunikasi dengan orang lain.
     4.  Periode opersional formal (11,0 – dewasa)
         Anak dalam tahapan ini:
       1.  Berpikir  formal  menggunakan  kemungkinan  abstrak  tetapi  tidak dapat menjelaskan proses                        berpikir yang mereka gunakan.
      2. Membayangkan dunia yang ideal.
      3. Tertarik pada egosentrisme remaja.
      4. Menarik kesimpulan dari prinsip umum menjadi aktivitas khusus.
      5. Menyelediki pilihan logis secara sistematis.
      6. Memisahkan  factor-faktor  individual  dan  factor-faktor  kombinasi yang dapat memberikan                        sumbangan pada pemecahan masalah.

Implikasi Teori Piaget pada Pembelajaran
            Sebagai  guru,  penting  bagi  kita  untuk  mengamati  dan  mendengarkan dengan sungguh-sungguh apa yang siswa katakan dan kerjakan dan mencoba untuk  menganalisa  bagaimana  mereka  berpikir. Beberapa  konsep  dan prinsip,  termasuk  dalam  teori  Piaget,  memiliki  implikasi  penting  pada pengembangan berpikir siswa.
1.  Concrete materials:
         Terutama di taman kanak-kanak dan anak usia dini, siswa memerlukan objek-objek  nyata  dalam  bekerja  untuk  memanipulasi,  melakukan, menyentuh, melihat, dan merasakan benda-benda.
2.  Open learning:
         Kelas  terbuka  tepat  didirikan  agar  siswa  mampu  bekerja  dengan proyek-proyek  individu  yang  bermacam-macam.  Mereka  berkesempatan untuk  mengumpulkan,  menyusun  dan  menata  benda-benda  dan menghasilkan  berbagai  kesimpulan  tentang  masalah-masalah  yang  dibahas. Siswa  dapat  membuat  keputusan  tentang  pekerjaannya  dan  dapat mengembangkan tanggung jawab dalam menata tujuan pendidikannya.
3.  Discovery learning:
          Berpikir  meliputi  penemuan  jawaban  untuk  memecahkan  masalah. Pendekatan  induktif  yang  digunakan  siswa  dapat  membimbingnya  untuk menemukan  kepribadiannya.  Sangat  penting  bagi  siswa  untuk  memperoleh pemahaman konsep dan prinsip-prinsip yang lebih rumit.
4.  Matching strategies to abilities:
           Tahapan  Piaget  menyajikan  beberapa  pandangan  untuk  membantu guru  dalam  menyiapkan  pengalaman  belajar  yang  cocok  dengan  tanggung jawab  siswa.  Kegiatan  belajar  harus  menciptakan  permainan  yang  tepat untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa dalam mengatasi masalah.
5.  Langkah pembelajaran:
            Siswa  memerlukan  kesempatan  untuk  belajar  melalui  aktivitas  sesuai dengan  langkahnya  sendiri  daripada  dalam  aturan  kelompok.  Karena perbedaan  pola  perkembangan  siswa  akan  sangat  bervariasi  dalam bagaimana  kesuksesan yang mereka raih dengan tugas-tugas tertentu. Yang paling  penting  dari  semuanya,  siswa  memerlukan  waktu  dan  kesempatan untuk mengelompokkan susunan pengetahuan mereka sendiri.


Kritik terhadap Teori Piaget
            Teori  Piaget  telah  mempengaruhi  para  pendidik  yang  peduli  pada pengembangan pengetahuan. Jenis-jenis program pendidikan telah dirancang dengan berorientasi pada perkembangan terutama untuk sekolah dasar.
1. Adanya perbedaan tahapan secara structural:
           Tidak ada pemikiran yang konsisten pada setiap  tahapan yang diajukan Piaget.  Lebih  lanjut,  penelitan  terakhir  menunjukkan  bahwa  program pelatihan  dapat  memungkin  siswa  untuk  belajar  konsep  tertentu  sebelum mereka mencapat tahapan tertentu.
2. Memahami kemampuan intelektual anak-anak:
           Metode  klinis  Piaget  dalam  pengumpulan  data  menunjukkan  sulitnya memahami  persoalah-persoalah  anak  muda.  Penelitian  terakhir menunjukkan  bahwa  anak  sebelum  sekolah  lebih  kompeten  dibanding dengan hasil studi klinisnya Piaget.
3. Mengabaikan pengaruh budaya dan kelompok social siswa:
           Tahapan  perkembangan  yang  dibuat  oleh  Piaget  tepat  bagi  budaya barat  yang  berpikir  ilmiah  dan  operasi  formal  yang  dihargai  secara  layak. Budaya lain yang berbeda dalam prioritas, mungkin tidak berlaku.
4. Memperkecil keunggulan proses budaya dan social:
           Beberapa penulis berpendapat bahwa anak Piaget adalah ilmuwan yang menyendiri yang menyusun pengetahuannya keluar dari konteks budaya dan asumsi teori yang terbatas. Anak-anak tumbuh dalam lingkungan social yang berbeda  yang  berpengaruh  pada  pengalaman  dan  pengembanganannya
dalam  perkembangan  pengetahuan.

           Penulis  lain  menyanggah  Piaget  factor social dalam teori perkembangannya sebagai kerjasama social.Berger (2000) mencatat  ada  tiga pilar perkembangan yang diajukan oleh  para ahli  sebagai raeaksi  terhadap  keterbatasan  teori  Piaget,  yaitu:  neo-Piagetian,
contructivism, dan cooperative social interaction.

Bruner
           Jerome  Bruner  (1966),  seorang  ahli  psikologi  kognitif,  juga  mengkaji pertumbuhan  kognitif  sebagai  hasil  kerja  dengan  anak.  Beberapa  prinsip yang  disajikannya  merupakan  kunci  utama  dalam  proses  perkembangan.
     Prinsip-prinsip tersebut yaitu:
        1. Pertumbuhan  intelektual  secara  langsung  berhubungan  dengan kemampuan menjawab stimulus.
        2. Pertumbuhan  intelektual  seorang  anak  tergantung  pada  kemampuan memproses  informasi                        internal  dan  menyimpan  system  untuk menghadirkan  dunia.  Mereka  membutuhkan  sistem                      simbol  (seperti bahasa),  untuk  meramalkan,  meremalkan  kemungkinan,  dan menghipotesa.
        3. Perkembangan  intelektual  meliputi  kemampuan  anak  dalam menggambarkan kegiatan lalu dan                    yang akan dating.
        4. Anak-anak memerlukan interaksi sistematis dengan orang dewasa untuk mencapai perkembangan                  kognitif.
       5. Anak-anak memerlukan bahasa untuk berkomunikasi dengan orang lain, bertanya, menghubungkan              yang baru dengan yang lama.

          Berdasarkan  hasil  studinya,  Burner  mengidentifikasi  tiga  tahapan pertumbuhan.  Meskipun  ketiganya  memiliki  karakteristik  perkembangan yang  sama  dengan  Piaget,  tetapi  apa  yang  dinyatakan  Burner  tidak menekankan pada hierarki alamiah.
1.  Enactive
             Tahapan  pertama  ini  umumnya  dialami  anak-anak,  sebagian  besar didominasi  oleh  belajar  sambil  bekerja.  Anak-anak  melakukan  sesuatu dengan  objek,  -misalnya:  memegang,  bergerak,  menggosok,  menyentuhdan memberikan kesempatan mereka untuk memahami lingkungannya.
2.  Iconic
          Tahapan  iconic  ini  meliputi  penggunaan  imajinasi,  bukan  bahasa.  Anakanak  memutuskan kegiatan  berdasarkan  pada  kesan-kesan  sensor. Tahapan  ini  merujuk  pada  jenis-jenis  belajar  yang  meliputi  kemampuan untuk  mengenal  secara  langsung  sesuatu  tanpa  mampu  memberikan sejumlah konsep.
3.  Simbolic
          Tahapan ini merupakan tahapan terakhir dimana anak-anak memperoleh pemahaman melalui penggunaan sistem simbol. Jenis-jenis system simbol tersedia  pada  anak-anak,  termasuk  bahasa,  logika,  dan  matematika. Sistem-sistem membolehkan anak-anak untuk menyusun gagasannya dan menyimpannya agar dapat diambil kembali saat ia membutuhkannya.



Vygotsky
         Teori  Vygotsky  fokus  pada  aspek  sosial  yang  menyatakan  bahwa kecenderungan  satu  kebudayaan  menentukan  stimulus  yang  terjadi.  Anakanak  menginternalisasikan  satu  aspek  tertentu  untuk  mempertahankan dedikasinya pada kebudayaan yang spesifik.
         Vygotsky menunjukkan empat tahapan perkembangan, yaitu:
1.  Berpikir non-verbal dan berbicara konseptual.
              Tahapan  ini  ada  pada  usia  dua  tahun  pertama;  menunjukkan  tidak  ada hubungan antara  berpikir dan berbicara.
2.  Memulai menyatukan antara berpikir dan berbicara.
              Tahapan ini kira-kira usia 2 tahun;  anak-anak mulai menghubungkan apa yang  dia  pikirkan  dengan  apa  yang  dia  katakana.  Benda-benda  biasanya diberi nama dan diceritakannya pada orang lain.
3.  Berbicara egosentrik.
               Pembicaraan  anak-anak  dimulai  pada  mengarahkan  berpikir  dan berprilaku.  Anak-anak  pada  tahap  ini  mengumumkan  apa  yang  akan mereka  lakukan  sebelum  melakukannya.  Anak-anak  pada  tahap  ini berbicara dengan orang lain tentang apa yang sedang mereka lakukan.
4.  Berbicara egosentrik menjadi rahasia.
               Pembicaraan  egosentrik  rahasia  secara  bertahap  berubah  menjadi pembicaraan  rahasia.  Anak-anak  mulai  menggunakan  pembicaraan rahasia dan singkatan tentang kegiatannya.

           Sumbangan penting teori Vygotsky adalah penekanan pada hakekatnya pembelajaran sosiokultural. Inti teori Vygotsky adalah menekankan interaksi antara  aspek  “internal”  dan  “eksternal”  dari  pebelajaran  dan  penekanannya pada  lingkungan  sosial  pebelajaran.  Menurut  teori  Vygotsky,  fungsi  kognitif
berasal dari interaksi sosial masing –  masing   individu dalam konsep budaya.
           Vygotsky  juga  yakin  bahwa  pembelajaran  terjadi  saat  siswa  bekerja menangani  tugas  –  tugas  yang  belum  dipelajari  namun  tugas-  tugas  itu berada  dalam  “zone  of  proximal  development”  mereka.  Zone  of  proximal development  adalah  jarak  antara  tingkat  perkembangan  sesungguhnya  yang ditunjukkan  dalam  kemampuan  pemecahan  masalah  secara  mandiri   dan tingkat  kemampuan  perkembangan  potensial  yang  ditunjukkan  dalam kemampuan  pemecahan  masalah  di  bawah  bimbingan  orang  dewasa  atau teman sebaya yang lebih mampu.
         Teori  Vygotsky  yang  lain  adalah  “scaffolding“.  Scaffolding  adalah memberikan kepada seseorang anak sejumlah besar bantuan selama tahap-tahap  awal  pembelajaran  dan  kemudian  mengurangi  bantuan  tersebut  dan memberikan  kesempatan  kepada  anak  tersebut  mengambil  alih  tanggung jawab  yang  semakin  besar  segera  setelah  ia  mampu  mengerjakan  sendiri.
         Bantuan  yang  diberikan  guru  dapat  berupa  petunjuk,  peringatan,  dorongan menguraikan masalah ke dalam bentuk lain yang memungkinkan siswa dapat mandiri.


Beberapa implikasi teori Vygotsky terhadap pengajaran:
1.  Menghadirkan tugas tantangan bagi siswa dalam kerangka pembelajaran kooperatif.
2.  Membantu siswa memperoleh konsep dasar berbagai disiplin akademik.
3.  Scaffold usaha siswa.
4.  Mengkaji kemampuan siswa di bawah kondisi kerja yang bervariasi.
5.  Menyediakan kesempatan agar siswa terlibat dalam kegiatan yang jelas.
6.  Mengajukan aturan sendiri dalam siswa dengan mengajar mereka untuk membicarakan mereka sendiri melalui situasi social.
7.  Memberik kesempatan untuk bermain kepada siswa.

Bagaimana menggunakan teori Vygotsky dalam pengajaran.
Vygotsky menjabarkan implikasi utama teori pembelajarannya yaitu,
1.  Menghendaki  setting  kelas  kooperatif,  sehingga  siswa  dapat  saling berinteraksi  dan  saling  memunculkan  strategi  –  strategi  pemecahan masalah  yang  efektif  dalam  masing  –  masing  zone  of  proximal development  mereka;
2.  Pendekatan  Vygotsky  dalam  pembelajaran  menekankan  scaffolding. Jadi teori  belajar  Vygotsky  adalah  salah  satu  teori  belajar  sosial  sehingga sangat  sesuai  dengan  model  pembelajaran  kooperatif  karena  dalam model  pembelajaran  kooperatif  terjadi  interaktif  sosial  yaitu  interaksi antara  siswa  dengan  siswa  dan  antara  siswa  dengan  guru  dalam  usaha menemukan konsep – konsep dan pemecahan masalah.

C.  Teori Perkembangan Sosial, Emosional, dan Moral

Teori Perkembangan Psikososial-Erikson 
           Terdapat delapan tahapan teori perkembangan yang dikemukakan oleh Erikson.  Kedelapan  teori  itu  bebas  –tidak  berkaitan  satu  sama  lain dan merupakan solusi atas krisis perkembangan yang akhir-akhir ini terjadi. Jika masing-masing  krisis  berhasil  dipecahkan,  kepribadian  seseorang  akan menjadi  kuat  dan  bertenaga  dan  ia  akan  mampu  mengatasi  krisis  secara bertahap.
           Sebaliknya jika beberapa anak memecahkan persoalannya dengan cara negative,  hal  ini  akan  membuat  ia  mendapatkan  kesulitan  dan  masalah  di tahapan  berikutnya.  Erikson  melihat  ada  ketegangan  antara  kutub  negative dan positif   sebagai sesuatu yang diperlukan untuk kesehatan perkembangan psikososial.
1.  Kepercayaan - kecurigaan (0-1)
       Anak  membutuhkan  pembentukan  kepercayaan  dalam  berhubungan dengan orang dewasa.
2.  Otonomi - malu dan keraguan (2-3)
       Anak  mulai  melakukan  sesuatu  dengan  dirinya  (member  makan, mencuci)  yang  melibatkan  control  diri.  Jika  anak  tidak  melakukan  ini mereka  akan  menjadi  malu  dan  mengalami  keraguan  akan kemampuannya.
3.  Prakarsa - rasa bersalah (2-6)
        Anak-anak  mencoba  dan  memainkan  banyak  peran.  Jika  mereka mendapatkan  hukuman  atas  perilakunya  tanpa  alasan,  maka  akan berkembang perasaan bersalah pada diri mereka.
4.  Industri – rendah diri (6-12)
        Anak-anak  mulai  menguasai  kemampuan  dan  norma  kebudayaan  dasar, termasuk  kemampuan  dasar  berbicara  dan  berhitung.  Kegagalan  dalam menguasai hal itu akan mengarahkan anak pada perasaan rendah diri.
5.  Identitas - kebingungan peran (13-18)
         Remaja  memiliki  kemampuan  untuk  beradaptasi  dengan  perubahanpuber dan pilihan pekerjaan.
6.  Keakraban - keterasingan (19-25)
         Individu  mengembangkan  komitmen  secara  mendalam  dan  terbuka dengan  orang  lain  atau  menghindarkan  dari  resiko  yang  mengakibatkan keterasingan secara psikologis.
7.  Generativitas - stagnasi (26-40)
          Orang  dewasa  melahirkan  anak  yang  akan  menjadi  generasi  penerus keluarganya, atau kalau tidak ia akan menjadi stagnan.
8.  Itegritas - berputus-asa (40 plus)
           Konsolidasi identitas dan penerimaan diri, atau mereka putus asa karena keberadaannya.


Kritik terhadap Teori Erikson
          Karena prinsip dan periodisasi yang dikemukan Erikson bersifat umum  dan deskriptif,  maka  sulit  menggunakan  prosedur  ilmiah  yang  normal  untuk membuktikannya. Sedikit kegiatan ilmiah yang dapat dijadikan alas an untuk mendukung  atau  menolak  teori  tersebut.  Karena  itu  telah  dilakukan  bebera
studi  tentang  mengatasi  masalah  anak  remaja,  pengaruh  perceraian  pada anak-anak  dan  resiko  yang  lebih  besar  berupa  depresi  dan  gangguan emosional, dan pentingnya kepercayaan anak-anak pada ibunya.


Teori Perkembangan Moral-Kohlberg
          Lawrence  Kohlberg  telah  dipengaruhi  oleh  Piaget  terutama  dalam  teori perkembangan  moral.  Piaget  mengemukakan  bahwa  perkembangan  moral anak  teriri  dari  dua  periode.  Perode  pertama   disebut  dengan  heteromous morality;  dimana  perhatian  anak-anak  pada  moral  berdasarkan  pada
konsekuensi  pada  aturan  yang  ada.  Periode  kedua  disebut  dengan autonomous  morality;  dimana  anak-anak  mengenal  bahwa  aturan ditanamkan oleh orang lain dan dapat dirubah.
           Kohlberg  dipengaruhi  oleh  dua  tahapan  ini  dan  tahapan-tahapan  dalam perkebangan kognitif yang diajukan oleh Piaget. Piaget menggunakan urutan yang  sederhana  untuk  mendapatkan  data  tentang  berpikir  anak-anak  pada stiap  tahapan.  Kohlberg  menggunakan  moral  dilemma  dalam  membentuk
cerita  dan  mengatakannya  pada  anak-anak  di  berbagai  usia  di  beberapa Negara.    Ia  menggunakan  alaasan  wawancara  memberikan  solusi  pada dilema tadi sebagai pembentukan urutan perkembangan moral.
           Kohlberg  mengemukakan  tiga  level  utama  perkembangan  moral,  masingmasing level terdiri dari dua sub-tahapan.
1.  Pre-conventional level (0-9): fokus pada perhatian diri.
       Tahap 1:   menghindari  hukuman  dan  kepatuhan  mutlak  pada  yang unggul adalah bernilai.
       Tahap 2:   aksi  yang  benar  terdiri  dari  instrument  yang  memuaskan kebutuhan  sendiri  dan kadang-         kadang  kebutuhan  dari  orang lain.
2.  Conventional level (9-19): fokus pada pemeliharaan susunan social.
        Tahap 3:   perilaku  yang  baik  adalah  yang  membiarkan  dan  membantu orang lain dan distujui                 mereka.
        Tahap 4:   kekuasaan,  aturan  yang  tepat  dan  pemeliharaan  susunan social adalah bernilai.
3.  Post-conventional level (19 plus): fokus pada prinsip yang terbagi.
        Tahap 5:   nilai  disetujui  oleh  masyarakat,  termasuk  kebenaran individual, menentukan apa yang                benar.
       Tahap 6:   kebenaran  didefinisikan  sebagai  hati  nurani  seseorang  yang sesuai dengan pilihan diri akan        prinsip-prinsip etis.



Sumber Bacaan:
Arifwidiyatmo.  2008.  Teori  Belajar  Jerome  S.  Bruner.  http://arifwidiyatmoko.wordpress.com/13-10-2009
Arini,  Dita.  2008.  Pembelajaran  menurut  Aliran  Kognitif  (JA  Brunner).
http://209.85.175.132/search=cache:Pm_4XLevB1gJ:teoripembelajaran.blogspot.com/2008/04/pembelajaran-menurut-aliran-kognitifja.html+Tahap-tahap+Belajar+dari+Jerome+Bruner l=id&ct=clnk&cd=4&gl=id&client=firefox-a/13-10-2009
Colin Marsh. 2008.  Becoming A Teacher Knowledge, Skill and Issues.  Australia, Pearson Education.
Dahar Ranta Willis Pof. Dr.M.SC.1989. Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga.
Hall,  Calvin,  S.,  &  Gardner  Lindzey.  1978.  Psikologi  Kepribadian  1,  Editor  : Dr.A. Supratiknya. Jakarta. Penerbit Kanisius.
http://arifwidiyatmoko.wordpress.com/2008/07/29/%e2%80%9djerome-brunerbelajar-penemuan%e2%80%9d/13-10-2009
Share:

1 komentar:

  1. Sallam Saudara. Terimakasi dengan sumber ini. amat berguna sekali dalam membuat rujukan saya. sya pelajar Sarjana Pendidikan Tahun pertama dari Open University Malaysia.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

my life is my advanture

my life is my advanture

" Quote of the Day"

Sembahlah Dia, seolah-olah engkau melihat-Nya.
Meskipun engkau tak melihat-Nya, sungguh Dia melihatmu

Pages - Menu

Blogger templates