karena berbagi tak pernah rugi

Sabtu, 21 Februari 2015

Jangan Buat Einstein Menyesal Lagi !


            Siapa yang tidak kenal seorang Einstein? Seorang ilmuan yang terkenal dengan e=mc2nya. Kita mengenal Einstein sebagai ilmuan besar di abad 20 yang tentu telah memberikan sumbangsih besar  terhadap ilmu pengetahuan modern, tapi pernahkah kita mendengar betapa ia menyesal telah menemukan konsep fisika kuantum? Hal ini disebabkan oleh pengguaan terapan fisika kuantum untuk memusnahkan manusia itu sendiri, peristiwa yang paling terkenal adalah  bom atom di Hiroshima  dan Nagasaki . Lalu apa hubungan Einstein dengan dunia pendidikan?
           
            Dalam dunia pendidikan peran guru sangatlah penting, meski banyak model-model pembelajaran yang memusatkan pada aktivitas siswa namun seorang guru tetaplah tidak bisa ditampik kehadirannya, hal ini dikarenakan peran guru di dalam kelas bukan hanya menjadi transformator dalam menyampaikan ilmu pengetahuan tapi ia juga menjadi model ideal /teladan dari pengetahuan yang ia pelajari.
            Pengetahuan adalah segala hal yang diperoleh manusia berdasarkan pengalaman atas pengamatan fenomena yang terjadidi alam  dari masa ke masa, sedangkan ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis berdasarkan kajian dan luang lingkup tertentu. Baik pengetahuan maupun ilmu pengetahuan keduanya bagaikan mata pisau bagi setiap pemiliknya, hal ini karena ia akan memberikan manfaat besar manakala sang pemilik menggunakannya untuk kebaikan namun ia bisa mencelakakan bila digunakan secara tidak benar, hal seperti inilah yang terjadi pada penerapan fisika kuantum yang digagas oleh Einstein. Lalu bagaimana langkah kita sebagai orang yang bergerak di bidang pendidikan menyikapi hal ini. Langkah paling bijaksana adalah kita memberikan teladan bagi siswa-siswi kita tentang penerapan ilmu pengetahuan secara benar, baik dari segi tutur kata maupun penampilan dan lain sebagainya. Ada istilah ‘ guru kencing berdiri , murid kencing berlari’ artinya manakala seorang siswa tidak mendapatkan contoh yang benar dari seorang guru maka yang terjadi adalah moralitas dari diri siswa yang dipertaruhkan.

            Dari sekian banyak pengetahuan saat ini, hal paling membahayakan bagi siswa adalah dunia televisi dan teknologi internet. Betapa banyak anak-anak kita yang telah terjerumus ke dalam kesesatan karena melihat tayangan di televisi maupun lewat internet. Oleh sebab itu sebelum terlambat kita perlu menyelamatkan anak-anak kita dari mara bahaya keduanya. Jangan sampai kita seperti Einstein yang akan menyesali apa yang telah kita berikan kepada para siswa karena mereka justru tidak menggunakannya secara arif.seperti telah dijelaskan di awal guru bukan hanya transformator ilmu pengetahuan ia juga harus menjadi model, pembimbing, pengawas, dan kontrol bagi para siswanya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

my life is my advanture

my life is my advanture

" Quote of the Day"

Sembahlah Dia, seolah-olah engkau melihat-Nya.
Meskipun engkau tak melihat-Nya, sungguh Dia melihatmu

Pages - Menu

Blogger templates