karena berbagi tak pernah rugi

Jumat, 24 April 2015

HANDS –OUT PERKULIAHAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

HANDS –OUT PERKULIAHAN
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
MATEMATIKA
(MAT 500  - 2 SKS - SEM 3  )





BAHAN BELAJAR MAHASISWA
Disusun untuk memfasilitasi mahasiswa
dalam menempuh perkuliahan BPM









Disusun oleh
Drs. H. Erman Suherman, M.Pd
194808041977021001



  

JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
FPMIPA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2011


KATA PENGANTAR



Puji dan syukur dipanjatkan ke hadirat Illahi Robbi yang telah melimpahkan rahmat dan kurnia-Nya, sehingga penulisan hands-out ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Maksud disusunnya hands-out ini adalah agar perkuliahan dapat dilaksanakan secara lebih sistematik dan terarah serta mahasiswa  menjadi lebih fokus pada pemaknaan dan pengembangan materi kuliah daripada disibukkan dengan menbuat catatan.  Dengan demikian paradigma perkuliahan diubah dari mahasiswa sebagai penonton dan dosen pemain, menjadi mahasiswa sebagai pemain dan dosen menjadi sutradara. Mahasiswa dibiasakan untuk belajar mengkonstruksi pengetahuan dan mengembangkannya melalui aktivitas bertanya, bernalar, berkreasi, koneksi, identifikasi, eksplorasi, inkuiri, generalisasi, komunikasi, dan presentasi.
Hands-out ini merupakan sajian ringkas dari materi perkuliahan, berupa narasi atau peta konsep, dengan maksud agar dalam perkuliahan mahasiswa dapat mengembangkannya melalui partisipasi aktif dengan bimbingan dan pengarahan dari dosen. Sajian hands-out terbagi menjadi 14 kali perkuliahan tatap muka @ 100 menit, di luar UTS dan UAS. Pokok-pokok materi dalam perkuliahan ini adalah Kompetensi Guru Matematika, Kompetensi Matematika, Hakikat Pembelajaran Matematika, Kecerdasan,  Psikologi Pembelajaran Matematika, Strategi Pembelajaran Matematika, Model Belajar dan Pembelajaran Matematika, Ketrampilan Dasar Mengajar, Pembelajaran Diagnostik dan Remedial, dan Pengelolaan Kelas.
Penulis telah berusaha makasimal dalam menyusun hnds-out ini, namun demikian masih saja dirasakan banyak kekurangan. Oleh karena itu tegur sama dari para pembaca dan pengguna yang sifatnya konstruktif akan diterima dengan hati terbuka demi peningkatan kualitas diri dan mahasiswa. Akhirul kalam, semoga hands-out ini bermanfaat bagi kita semua.

Bandung,  Juni 2011
Penulis




DAFTAR  ISI


Hands-out                                                                                                     

PERKULIAHAN     I  :  Kompetensi Guru Matematika

PERKULIAHAN    II  :  Kompetensi Matematika   

PERKULIAHAN   III  :  Hakikat Pembelajaran Matematika  

PERKULIAHAN   IV  :  Kecerdasan

PERKULIAHAN    V  :   Psikologi Pembelajaran Matematika  

PERKULIAHAN   VI  :   Psikologi Pembelajaran matematika  
                  (Lanjutan)
PERKULIAHAN  VII  :   Strategi Pembelajaran Matematika  

PERKULIAHAN VIII  :   Strategi Pembelajaran Matematika 
                                           (Lanjutan)
PERKULIAHAN  IX   :    Model Belajar dan Pembelajaran Matematika   

PERKULIAHAN  X    :    Model Belajar dan Pembelajaran Matematika  
                                          (Lanjutan)
PERKULIAHAN  XI   :   Ketrampilan Dasar Mengajar  

PERKULIAHAN  XII  :   Pembelajaran Diagnostik dan Remidial  

PERKULIAHAN XIII  :   Pengelolaan Kelas 

PERKULIAHAN XIV  :   Refleksi dan Responsi   


_____________











Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

my life is my advanture

my life is my advanture

" Quote of the Day"

Sembahlah Dia, seolah-olah engkau melihat-Nya.
Meskipun engkau tak melihat-Nya, sungguh Dia melihatmu

Pages - Menu

Blogger templates