HANDS –OUT PERKULIAHAN
BELAJAR DAN
PEMBELAJARAN
MATEMATIKA
(MAT 500 - 2
SKS - SEM 3 )
BAHAN BELAJAR MAHASISWA
Disusun untuk memfasilitasi mahasiswa
dalam menempuh perkuliahan BPM
Disusun oleh
Drs. H. Erman Suherman, M.Pd
194808041977021001
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
FPMIPA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2011
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur dipanjatkan ke
hadirat Illahi Robbi yang telah melimpahkan rahmat dan kurnia-Nya, sehingga
penulisan hands-out ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Maksud
disusunnya hands-out ini adalah agar perkuliahan dapat dilaksanakan secara
lebih sistematik dan terarah serta mahasiswa
menjadi lebih fokus pada pemaknaan dan pengembangan materi kuliah
daripada disibukkan dengan menbuat catatan.
Dengan demikian paradigma perkuliahan diubah dari mahasiswa sebagai
penonton dan dosen pemain, menjadi mahasiswa sebagai pemain dan dosen menjadi
sutradara. Mahasiswa dibiasakan untuk belajar mengkonstruksi pengetahuan dan
mengembangkannya melalui aktivitas bertanya, bernalar, berkreasi, koneksi,
identifikasi, eksplorasi, inkuiri, generalisasi, komunikasi, dan presentasi.
Hands-out ini merupakan sajian
ringkas dari materi perkuliahan, berupa narasi atau peta konsep, dengan maksud
agar dalam perkuliahan mahasiswa dapat mengembangkannya melalui partisipasi
aktif dengan bimbingan dan pengarahan dari dosen. Sajian hands-out terbagi
menjadi 14 kali perkuliahan tatap muka @ 100 menit, di luar UTS dan UAS.
Pokok-pokok materi dalam perkuliahan ini adalah Kompetensi Guru Matematika, Kompetensi
Matematika, Hakikat Pembelajaran Matematika, Kecerdasan, Psikologi Pembelajaran Matematika, Strategi
Pembelajaran Matematika, Model Belajar dan Pembelajaran Matematika, Ketrampilan
Dasar Mengajar, Pembelajaran Diagnostik dan Remedial, dan Pengelolaan Kelas.
Penulis telah berusaha
makasimal dalam menyusun hnds-out ini, namun demikian masih saja dirasakan
banyak kekurangan. Oleh karena itu tegur sama dari para pembaca dan pengguna
yang sifatnya konstruktif akan diterima dengan hati terbuka demi peningkatan
kualitas diri dan mahasiswa. Akhirul kalam, semoga hands-out ini bermanfaat
bagi kita semua.
Bandung,
Juni 2011
Penulis
DAFTAR ISI
Hands-out
PERKULIAHAN I : Kompetensi Guru Matematika
PERKULIAHAN II : Kompetensi
Matematika
PERKULIAHAN III
: Hakikat Pembelajaran Matematika
PERKULIAHAN IV
: Kecerdasan
PERKULIAHAN V : Psikologi
Pembelajaran Matematika
PERKULIAHAN VI : Psikologi
Pembelajaran matematika
(Lanjutan)
PERKULIAHAN VII
: Strategi Pembelajaran
Matematika
PERKULIAHAN VIII : Strategi
Pembelajaran Matematika
(Lanjutan)
PERKULIAHAN IX
: Model Belajar dan Pembelajaran
Matematika
PERKULIAHAN X
: Model Belajar dan
Pembelajaran Matematika
(Lanjutan)
PERKULIAHAN XI
: Ketrampilan Dasar Mengajar
PERKULIAHAN XII
: Pembelajaran Diagnostik dan
Remidial
PERKULIAHAN XIII : Pengelolaan
Kelas
PERKULIAHAN XIV : Refleksi
dan Responsi
_____________
0 komentar:
Posting Komentar